Ads 468x60px

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Wednesday, December 25, 2013

Cara Memperbaiki Tombol Home Android Yang Tidak Berfungsi

 
Android adalah OS yang ditujukkan untuk ponsel touchscreen. Meski begitu, masih banyak ponsel Android yang  masih memiliki tombol fisik. Terkadang kita akan blingsatan apabila ada salah satu tombol yang tidak berfungsi, termasuk tombol home yang berguna untuk melakukan multi-tasking.
Selain Multi-tasking, tombol home juga berfungsi untuk mengatur aplikasi yang sedang aktif. Namun, bagaimana jadinya bila tombol home kita tidak berfungsi?
Penyebab
Penyebab tombol home tidak berfungsi adalah karena adanya error saat upgrade, aplikasi yang crash (pengalaman saya karena aplikasi Link2SD, saya menekan menu Fast Reboot setelah itu tombol home tidak berfungsi), ada komponen yang tidak berfungsi di dalam mesin handphone.
Berikut Cara Memperbaiki Tombol Home Yang Tidak Berfungsi:
1.  Uninstall Aplikasi Yang Menyebabkan Crash
Sebelum tombol home android kalian tidak berfungsi, kalian pasti tahu apa saja aplikasi yang menyebabkan tombol home kalian tidak berfungsi, contoh Link2SD, connectbot, terminal emulator, dll.
2. Gunakan Aplikasi Pengganti Tombol Fisik
Banyak developer-developer yang sangat kreatif untuk menunjang android, contoh dengan adanya aplikasi Easy Touch atau Button Savior yang menawarkan fitur sebagai pengganti tombol fisik. Namun apabila kalian tidak suka dengan penggunaan aplikasi ini, kalian bisa menggunakan tips ke-3.
3. Reset Android
Cara ini memang sangat beresiko karena kalian bisa saja kehilangan data-data penting, aplikasi yang telah terdownload, kontak, SMS dan lain-lain. Namun, apabila kalian sudah membackupnya mungkin kalian tidak akan khawatir. Caranya juga cukup mudah, tinggal ke Pengaturan - Pribadi - Cadangkan dan Reset - Reset data pabrik. Setelah itu, smartphone kalian akan kembali normal sediakala.
Sekian tips yang telah saya berikan, apabila tombol home kalian masih tidak berfungsi bawalah smartphone kalian ke service center terdekat. Semoga masalah kalian dapat teratasi.

3 comments:

  1. thanks gan, saya coba 1 per 1 gan, thanks tips nya

    ReplyDelete
  2. Masalah saya banget nih gan. Jadi ceritanya, hp saya di mainin adek. Dia bikin pola keamanan. Setelah itu dia lupa pola nya,setelah mencoba lebih dari lima kali dan salah terus. Maka ada peralihan ke email, sementara saya lupa password emailnya. Nah salah satu caranya adalah dengan wipe data. Sementara tombol home tidak berfungsi. Gimana donk gan? Please solusinya

    ReplyDelete